Monday, September 16, 2013

gangguan saluran cerna kongenital dan didapat

TERMINOLOGI
1. fistula :  ialah saluran tidak normal yang menghubungkan organ-organ bagian dalam tubuh yang secara normal tidak berhubungan, atau menghubungkan organ-organ bagian dalam dengan permukaan tubuh bagian luar,   dapat pula diartikan sebagai abnormal connection atau passageway antara 2 organ epithelium-lined atau vessel yang secara normal tidak berhubungan.

2. atresia : (tresis) berarti keadaan tidak ada atau tertutupnya lubang badan normal atau organ tubulur secara kongenital, disebut juga clausura.

3. septum :  adalah pembatas yang memisahkan suatu rongga atau ruang.

4. ligamnetum treiz : pemisah antara duodenum dan jejenum ditandai oleh adanya ligamentum treits yang berfungsi sebagai ligamentum supensorium (penggantung).

5. saluran cerna bagian atas SCBA : saluran cerna di atas (proksimal) ligamentum Treitz, mulai dari jejunum proksimal, duodenum, gaster dan esofagus, cavum ori.

6. saluran cerna bagian bawah SCBB: saluran cerna di bawah ligamentum treitz, mulai dari jejunum distal, ileum, colon,rectum, anus.

7. stenosis : penyempitan oleh tuomor atau penyebab yang lain/

8. striktur : penyempitan oleh fibrosis atau jaringan parut.


traktus gastrointestinal


I. Kelainan Kongenital pada Paluran Cerna


ATRESIA DUODENUM

Atresia duodeni merupakan suatu kondisi dimana duodenum (bagian pertama dari usus halus) tidak berkembang dengan baik, sehingga tidak berupa saluran terbuka dari lambung yang tidak memungkinkan perjalanan makanan dari lambung ke usus.







No comments: